Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot/Lelet

Cara Mengatasi HP Lemot



Bayangkan, saat anda sedang bermain game, lagi browsing di internet, atau lagi nonton video, smartphone android anda menjadi lemot dan sering lag.

Anda pasti kesal dengan hal ini dan ingin segera mengatasi masalah android yang lemot kan?

Untuk itulah saya membuat panduan ini. Dengan menerapkan panduan ini, saya yakin smartphone anda yang tadinya lemot banget, sering lag dan lambat bisa kembali menjadi cepat.


Cara Mengatasi Ponsel Android Yang Lambat


  • 1. Hapus Aplikasi

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi, terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan banyaknya aplikasi yang

terinstall bisa menjadi biang kerok ponsel menjadi lemot.

Beberapa aplikasi ada yang berjalan secara otomatis di background, walaupun sedang tidak kamu buka.

Cara mengatasi nya cukup sederhana. Hapus aplikasi yang menurut anda tidak berguna dan tidak anda butuhkan!

Install aplikasi yang benar-benar anda butuhkan saja. Dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak kamu butuhkan, maka kinerja RAM tidak lagi terbebani, dan hal ini bisa mengatasi android yang lamban.


  • 2. Hapus Cache

Saat kamu browsing di internet, ada file bernama cache yang berfungsi untuk menampilkan halaman web lebih cepat ketika kamu membukanya di waktu berikutnya.

Semakin lama kamu internetan, semakin banyak laman web yang dibuka, maka cache akan semakin menumpuk.

Tergantung browser dan merk smartphone, biasanya cache disimpan pada memori internal atau bahkan RAM.

Jika cache terus menumpuk pada dua hal itu, maka jelas ini akan menyebabkan ponsel menjadi lemot dan terbebani.

Menghapus cache adalah jalan satu-satunya. Tidak akan ada masalah dengan browser atau ponsel anda jika anda menghapus cache.

Malahan banyak pakar menganjurkan untuk menghapus cache browser secara rutin.

Begitu juga dengan aplikasi yang ada di ponsel android anda. Semua aplikasi android selalu menyimpan cache, walaupun ukurannya sangat kecil.

Ada beberapa aplikasi android (termasuk aplikasi browser) yang sangat sering menumpuk cache dalam jumlah yang banyak. Misalnya Chrome.

Menurut studi kasus yang dilakukan oleh AVG pada tahun 2015 lalu, Chrome adalah aplikasi yang paling boros memakan memori karena saking banyaknya file cache yang dibuat.

Cara menghapus cache pada aplikasi pun sangat mudah. Silahkan kamu Pergi ke menu Setting » Apps ya » Kamu Pilih Aplikasi » Lanjut Ke Delete Cache.

Jika anda tidak ingin menghapusnya satu persatu, gunakan aplikasi seperti CCeaner, Clean Master atau Greenify. Aplikasi tersebut bisa langsung menghapus semua cache pada aplikasi.


  • 3. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Live wallpaper adalah wallpaper animasi, alias wallpaper yang bisa bergerak. Biasanya cewek-cewek yang suka memakai live wallpaper, karena membuat smartphone menjadi lebih hidup dan cantik.

Tapi jangan kaget jika setelah menggunakan live wallpaper, smartphone anda menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Karena penyebabnya adalah live wallpaper itu sendiri.

Selain membuat hp android menjadi boros baterai, Live wallpaper ini akan membenani kinerja ponsel karena menampilkan gambar animasi yang bergerak dan berjalan di background.

Saya menyarankan agar menggunakan wallpaper biasa saja agar ponsel anda tidak menjadi lemot.


  • 4. Hapus Widget Tak Penting

Banyak widget memang memudahkan penggunaan smartphone anda. Tapi jangan salah, banyak widget justru akan memberatkan kerja ponsel menjadi berat.

Jadilah user yang bijak. Hapus beberapa widget yang tidak kamu butuhkan dan tidak penting. Gunakan widget yang menurutmu penting saja, seperti jam atau kalender, atau yang lain.

Yang penting jangan biarkan lebih dari 3 widget memenuhi homescreen anda. Pilihlah widget yang paling bermanfaat untuk anda.

Sekian Tips dari saya ya guys, Bagi kalian yang mempunyai hp yang lemot bisa Mempraktek kan artikel di atas ya guys.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot/Lelet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel